Kalau sudi, mampirlah sebentar....

Sabtu, 10 Maret 2012

SIPUT GONGGONG ALA TANJUNGPINANG : Wisata Kuliner


            Gonggong (Strombus Turturella) adalah salah satu jenis siput laut yang terdapat di sekitar perairan Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Gonggong merupakan objek kuliner makanan khas Tanjungpinang. Gonggong juga mencerminkan daerah kemaritiman Provinsi Kepri secara geografis 95 % merupakan laut.
            Tentu pembaca bertanya-tanya apa yang unik dari siput gonggong. Nah, untuk menjawab itu mari kita ulas sedikit tentang siput gonggong.

Gambar : Siput Gonggong

            Sebagai makanan khas, siput gonggong sangat dicari-cari oleh para penikmat kuliner. Daging putih kenyal mirip cumi-cumi menjadi ciri khas siput ini dengan cita rasa yang fenomenal.
            Menurut beberapa penelitian dari Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, siput gonggong mendiami daerah pasir berlumpur dengan kedalaman 3-4 meter yang banyak ditumbuhi rumput laut sebagai sumber pakan. Setelah diteliti selama 2-3 tahun, tim peneliti berhasil memijahkan dan membesarkan siput gonggong. Siput berbentuk mirip terompet Dewa Wisnu itu memijah pada Juli - Agustus. Seekor indukan berumur 2 - 3 tahun sekali memijah mampu menghasilkan 75.000 - 95.000 telur. Telur-telur berukuran 2 - 2,5 mikron itu terbungkus larutan jel - seperti kapsul - yang terangkai membentuk untaian panjang bagaikan benang kusut. Untaian benang kusut itu selanjutnya membentuk koloni di dasar perairan atau menempel pada benda-benda keras serta pada cangkang induk.
            Untuk menyantap siput gonggong perlu trik khusus, yakni dengan menggunakan tusuk gigi agar daging bisa diambil dari cangkangnya. Menariknya juga erlu trik khusus pula karena jika sembarang dagingnya akan putus dan sulit untuk diambil kembali.
            Nah, bagi anda yang masih penasaran dengan wisata kuliner yang satu ini, jangan sungkan, kunjungi beberapa restoran sea food di Pulau Bintan dan Tanjungpinang dengan kisaran harga Rp.25.000,00 – Rp.35.000,00 per porsi. Dijamin puas !

Tidak ada komentar: