Kalau sudi, mampirlah sebentar....

Sabtu, 10 Maret 2012

Pendidikan Mahasiswa dan Etos Kerja

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat siang!
Kepada yang terhormat Bapak Robby Patria selaku dosen UMRAH mata kuliah Retorika. Dan rekan-rekan Mahasiswa FKIP UMRAH kelas B1 yang saya banggakan.
Puji syukur ke hadirat Allah S.W.T. yang telah memberikan kesempatan kepada kita untuk berkumpul di ruang B1 yang sederhana ini. Dan shalawat beriring salam saya kirimkan kepada nabi besar Muhammad S.A.W.
Hari ini merupakan hari di mana pendidikan Indonesia mulai berkembang, yang dipelopori oleh tokoh Ki Hajar Dewantara. Ya, hari ini merupakan hari pendidikan Nasional. Ada pun pidato saya hari ini berkaitan dengan pendidikan dengan tema Pendidikan Mahasiswa dan Etos Kerja.
Mahasiswa merupakan elemen penting dalam pendidikan. Pendidikan Mahasiswa tentunya berbeda dengan pendidikan anak usia sekolah. Mahasiswa yang sering disebut kaum intelektual tentunya telah berpikir menggunakan intelektualitas mereka. Jadi kita tidak heran jika banyak aktivis dari kalangan Mahasiswa.
Bagi sebagian besar Mahasiswa ada satu hal yang sangat ditakuti yaitu menjadi “sarjana pengangguran”. Jika ditanya apa yang dicari setelah lulus kuliah?. Tentu kita menjawab “kerja”. Ya, memang kerja sangat penting untuk memenuhi kebutuhan hidup. Masalahnya sekarang adalah sempitnya lapangan pekerjaan di Negara kita ini.
Melihat hal tersebut, tentunya kita bertanya “apakah saya akan mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah?”. Wajar memang, namun hal tersebut jangan lah dijadikan tolak ukur kegagalan seseorang. Seorang sarjana yang pengangguran hanya perlu mengasah kemampuannya untuk berkembang lebih baik. Nah, di sinilah etos kerja berperan. Etos kerja merupakan semangat kerja yang menjadi cirri khas dan keyakinan sesseorang. Tentunya etos kerja sangat penting demi menunjang kesuksesan seseorang.
Untuk mencapai sebuah kesuksesan kita harus meniti secara perlahan. Kesuksesan tidak mungkin lahir dalam sekejap mata. Tentunya butuh perjuangan dan pengorbanan. Menurut Direktur Pusat Studi dari Universitas Cornell Amerika Amerikat, Walter Pauk, ciri-ciri mahasiswa sukses adalah :
-Memiliki sebuah tujuan pendidikan yang jelas (a clear educational goal)
-Menyadari bahwa studi di perguruan tinggi memberikan kesempatan untuk pertumbuhan intelektual, sehingga mampu mengesampingkan kepentingan-kepentingan lain.
-Memiliki berbagai ketrampilan studi yang baik (good study skills)
-Memiliki kemauan mencapai sukses (the will to succeed)
Demikianlah pidato saya pada hari ini. Salah dan silaf saya mohon maaf. Semoga kita semua bisa menjadi Mahasiswa yang sukses dunia & akhirat. Akhir kata saya ucapkan wabillahitaufik walhidayah wassalammualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar: